Kilas Akademi Marketing BPR MSA : "Dari Frontliner Hingga Driver, Belajar Ilmu Marketing Itu Penting"
Halo Sobat MSA!
Akademi Marketing sudah resmi dimulai. Dibuka oleh Direktur Utama BPR MSA, Bapak Y. Triagung Pujiantoro, delapan peserta akademi marketing bersiap untuk menerima ilmu selama beberapa hari kedepan bersama mentor-mentor terbaik yang menguasai masing-masing bidang. Peserta telah melalui berbagai seleksi sebelum diundang untuk mengikuti Akademi Marketing. Uniknya, peserta datang dengan passion yang berbeda-beda. Ada yang memiliki background usaha, event organizer, sekretaris, hingga ada yang berasal dari bagian pelayanan. Namun dijelaskan oleh Bapak Agung dalam sambutan pembukanya, bahwa Akademi Marketing diperuntukkan untuk siapa saja dengan passion mereka masing-masing, karena pada prinsipnya setiap karyawan adalah seorang marketing untuk perusahaannya sendiri. Mereka di hadapan nasabah maupun publik harus mampu membranding perusahaan dengan baik sehingga dapat membuka ketertarikan masyarakat.
Usai pembukaan, peserta Akademi Marketing mendapat materi demi materi dalam sebuah kelas yang mengangkat berbagai macam tema. Seperti Direktur BPR MSA, Ibu Lisa Sulistyaning Kencanasari contohnya, beliau sebagai yang berpengalaman aktif di bidang sales dan marketing mengulas tentang Sales vs Marketing yang mengajak peserta untuk berjiwa bukan sebagai penjual saja, namun juga sebagai tim pemasaran yang mampu bernegosiasi dan menjelaskan secara detail tentang perusahaannya. Seorang marketing harus bersifat agile atau menguasai seluruh lini dalam dunia kerjanya.
Ya, Akademi Marketing tahun ini di BPR MSA memang berbeda. Tak hanya memberikan wawasan kepada orang yang akan bekerja di dunia marketing, namun juga memberikan wawasan seputar pemasaran kepada seluruh peserta yang memiliki passion berbeda-beda. Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah bahwa pemasaran perusahaan bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan hingga driver yang sedang mengantar karyawan ke lokasi nasabah pun, tentu diperjalanan nantinya memiliki peluang untuk bertemu siapa saja, entah itu di warung, di toko minimarket atau mungkin di tempat parkir. Semua pemangku kepentingan yang terjun ke lapangan pasti memiliki kans untuk bertemu orang baru, yang berpotensi menjadi nasabah. Apalagi mereka yang bekerja di frontliner, yang setiap harinya sering menerima telpon maupun pesan chat dan juga tamu tatap muka yang menanyakan tentang produk yang ada di BPR MSA. Mereka perlu siap dengan gambaran setiap produk dan layanan yang ada di perusahaan sehingga dapat menjawab pertanyaan dengan mudah dari mereka yang penasaran.
Sudah siap mengikuti update selanjutnya? Nantikan artikel lainnya dari Akademi Marketing Batch 2!
(PW)