Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Ajak Generasi Muda Tanamkan Budaya Menabung Lewat Kreasi Muda 2022

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto saat deklarasi komitmen bersama Otoritas Jasa Keuangan dalam rangka akselerasi implementasi program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) pada Selasa (23/8). [FOTO : Tangkapan Layar OJK TV]

Halo Sobat MSA!!

Tahukah kamu, jika tanggal 20 Agustus 2022 diperingati sebagai Hari Indonesia Menabung? Pemerintah lewat Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 2019 telah memutuskan tentang diadakannya momen peringatan Hari Indonesia Menabung. Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK RI) bersinergi dengan kementerian dan Lembaga jasa keuangan di seluruh Indonesia untuk mengkampanyekan kesadaran masyarakat Indonesia khususnya generasi muda terhadap inklusi keuangan dan pentingnya menabung sejak dini.

Puncaknya adalah dengan diadakannya acara bertajuk “Kejar Prestasi Generasi Muda (KREASI MUDA) 2022 yang dilaksanakan di Jakarta dan diikuti secara hybrid baik daring dan luring oleh pelajar, mahasiswa, dan pelaku industri keuangan di seluruh Indonesia. Acara yang mengusung tema “Kreatif, Inovatif dan Inklusif” ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan didampingi oleh Ketua Dewan Komisioner OJK RI Mahendra Siregar dan moderator dari Anggota Dewan Komisioner OJK RI Frederica Widyasari Dewi.

Dalam perbincangan di sesi Leader’s Insight, Menteri dan Komisioner OJK menceritakan pengalamannya menabung di masa kecil dulu dan menginspirasi pelajar dan mahasiswa tentang bagaimana kebiasaan menabung yang dilakukan hanya dengan celengan ayam akhirnya bisa menjadi modal untuk sekolah dan mengukir banyak prestasi ketika dewasa. Selain itu, ada juga sesi talkshow dengan tema “Menabung Itu Aku, Menabung Itu Aman” yang menghadirkan financial planner Prita Ghozi dan Raditya Dika sebagai influencer dan perwakilan milenial yang sudah berkecimpung di dunia investasi beberapa tahun belakangan ini. Menurut mereka, mencadangkan dana sejak usia dini sangat penting untuk dilakukan. Karena kita tidak tahu apa yang terjadi ketika kita sudah dewasa nanti. Bisa jadi situasi darurat seperti pandemic Covid-19 ini kembali terjadi dan menghantui situasi ekonomimu. Budaya menabung atau investasi juga bisa mengimbangi perilaku hidup konsumtif yang biasanya menjadi kebiasaan para milenial.

Sesi talkshow bersama financial planner, influencer, dan perwakilan dari Lembaga Penjamin Simpanan sebagai bagian dari acara Kreasi Muda 2022. [FOTO : Tangkapan Layar OJK TV]

Selain talkshow, acara ini juga mencanangkan komitmen bersama dalam mensukseskan program KEJAR (Satu Rekening Satu Pelajar) dan sekaligus memperkenalkan SiMuda Gen 2, tabungan reksa dana untuk mahasiswa dan pemuda diperuntukan bagi  kelompok usia 18- 30 tahun yang bisa jadi agak berat bila harus menabung dengan jumlah banyak, namun bila dilakukan sejak dini pasti akan terasa lebih ringan.

Budaya menabung memang merupakan kebiasaan yang sangat dianjurkan untuk dilatih sejak dini. BPR MSA pun menyediakan banyak pilihan bagi anda untuk menabung. Kami memiliki program tabungan MSA Prime sebagai produk tabungan andalan saat ini. MSA Prime juga merupakan tabungan yang hits di Jogja saat ini, dimana biaya admin nya nggak akan bikin kamu rugi, karena kamu juga akan mendapatkan bunga yang kompetitif. Segera mulai aktivitas menabungmu, dan BPR MSA siap membantu!

(PW)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.