Kilas Bulan Inklusi Keuangan 2022 BPR MSA : Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat

Sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan, bulan Oktober merupakan Bulan Inklusi Keuangan (BIK). Sebagai gambaran, inklusi keuangan adalah ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Industri perbankan dituntut untuk bisa mengedukasi masyarakat terkait dengan pentingnya mengenal produk finansial seperti tabungan, kredit, deposito sebagai pilihan untuk investasi, karena dengan mempercayakan pada bank, dana yang disimpan akan lebih aman untuk jangka pendek maupun panjang.
Tahun 2022, BPR MSA kembali menjalankan serangkaian kegiatan demi mengoptimalkan agenda BIK 2022. Bertepatan dengan agenda HUT BPR MSA ke-17, diadakan Gelar Desa Mandiri Budaya dan Ekonomi di Taman Wisata Selo Kendel sebagai momen pemberdayaan UMKM dan perekonomian sektor pedesaan. Acara ini juga mempresentasikan potensi kesenian yang dimiliki oleh karyawan BPR MSA dan masyarakat di Dusun Turen. Edukasi tak hanya diberikan bagi mereka yang berusia dewasa, namun juga dimulai dari kelompok anak usia dini, dimana mereka mendapatkan pengetahuan tentang aktivitas perbankan dari lomba mewarnai. Selain itu, program beasiswa berupa tabungan MSA Prime bagi anak yang berprestasi juga memberikan ilmu tentang pentingnya menabung sejak dini.

Sebagai puncak dari perayaan HUT BPR MSA, diluncurkan pula maskot BPR MSA bernama Mas Shaka (Madani Sejahtera Abadi Yogyakarta). Mas Shaka akan menjadi pionir digital penting bagi BPR MSA untuk mempromosikan produk dan layanan. Adanya maskot dinilai penting untuk memberikan kesan menghibur dan mudah diingat oleh masyarakat.
Selanjutnya, BPR MSA juga berkontribusi dalam mengkampanyekan pembayaran secara cashless lewat lomba fotografi dan bazaar UMKM di acara Musyawarah Nasional Perbarindo XI di MICC The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta. Di lomba fotografi, peserta diminta menemukan momen saat transaksi perniagaan dilakukan secara cashless dimanapun, baik itu di angkutan umum, toko, pasar tradisional, hingga pedagang keliling. Sedangkan dalam bazaar UMKM, BPR MSA berpartisipasi dengan puluhan BPR lainnya untuk mengirimkan UMKM nya dalam event yang digelar nasional ini. Dengan target pembeli dari 800 orang peserta Munas, UMKM dari BPR MSA menjual barang dagangnya dengan metode transaksi menggunakan BPR eCash dan Finpay. Dengan transaksi cashless ini, antrian pembeli jadi lebih terkondisi dan penyimpanan uang jadi lebih mudah.

BPR MSA sangat mendukung kegiatan Bulan Inklusi Keuangan dengan harapan bisa terus memberikan literasi dan edukasi pada masyarakat, serta selalu memberikan kemudahan bagi nasabah untuk bisa bertransaksi dengan simpel dan minim mobilitas. Sebagai gebrakan selanjutnya, BPR MSA akan segera meluncurkan secara masif sebuah super app yang bernama MSA On Hand, sebagai portal digital kekinian yang memberikan akses seluas-luasnya untuk berdiskusi dalam forum, transaksi tagihan atau pembelian hingga permohonan kredit secara online, dan juga bisa mengakses informasi yang up-to-date dari BPR MSA. Jadilah bagian dari ekosistem digital BPR MSA, yang ramah bagi UMKM dan milenial. Saatnya Tumbuh Bersama!
(PW)