Bupati Sleman Resmikan Taman Selo Kendel Binaan BPR MSA

Yogyakarta - Sebagai wujud nyata komitmen untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan segmen pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, BPR MSA kembali menambah daftar desa wisata binaannya. Kali ini desa wisata yang dibuka adalah Taman Selo Kendel, yang berlokasi di Dusun Turen, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Acara soft opening digelar di Pendopo Taman Selo Kendel pada hari Minggu (13/3) dengan meriah dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo hadir secara langsung untuk meresmikan desa wisata yang merupakan pengembangan dari Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Turen.

"Saya mengharapkan Desa Wisata Turen akan menjadi desa wisata yang banyak mendatangkan turis, mengingat adanya banyak kearifan lokal, pelestarian budaya dan juga nilai historis. Semoga Selo Kendel sukses selalu dan masyarakat bisa menikmati adanya objek wisata baru di Dusun Turen ini," jelas Kustini saat diwawancarai dalam tayangan MSA Flash di kanal YouTube Bank MSA TV.

Di tengah momen ini, Ketua Pengelola Taman Selo Kendel, Ruskindar memaparkan secara singkat tentang tahapan pembangunan dari Taman Selo Kendel hingga nantinya bisa difungsikan secara maksimal sebagai desa wisata terpadu. Saat ini, sudah tersedia objek wisata taman yang dilengkapi dengan UMKM yang menyediakan kuliner dan jajanan. UMKM ini merupakan gabungan dari ibu-ibu anggota RW di Dusun Turen. Nantinya, sudut jajanan ini juga akan dilengkapi dengan area panggung untuk pertunjukan seni yang letaknya strategis di tepi sungai. Nilai religius juga hadir di Taman Selo Kendel dengan adanya situs-situs seperti batu yang dulunya merupakan penanda arah sholat, dan jumlah anak tangga di setiap sudut yang masing-masing merepresentasikan tentang ajaran Islam, misalnya lima anak tangga untuk rukun Islam, kemudian ada tujuh tangga sebagai wujud pitu-lungan, dan sembilan anak tangga mendeskripsikan adanya wali songo sebagai penyebar ajaran Islam di Pulau Jawa.

BPR MSA hadir di Taman Selo Kendel untuk membina dan memberikan sarana promosi agar Taman Selo Kendel nantinya bisa berkembang menjadi sumber produktivitas untuk meningkatkan perekonomian di dusun Turen. Direktur Utama BPR MSA, Y. Tri Agung Pujiantoro, menegaskan bahwa BPR MSA berkomitmen dalam mendukung segala kegiatan yang berhubungan dengan UMKM dan pemberdayaan masyarakat yang menjadi akar dari pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

"BPR MSA akan menjadi supporting system yang benar-benar mendukung dari bawah, seperti slogan kami yaitu Saatnya Tumbuh Bersama," pungkas beliau, yang juga hadir dalam soft opening Taman Selo Kendel.

(PW)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *