PRESS RELEASE: Sama-Sama Fokus Membina UMKM, Bank Danamon dan BPR MSA Berkolaborasi Dalam Teknologi Perbankan

Kebutuhan nasabah akan pelayanan perbankan yang mudah, cepat, dan terintegrasi semakin tinggi. Pelayanan seperti itu hanya dimungkinkan dengan bantuan teknologi.

BPR MSA sudah melangkah ke sana sejak jauh hari. Lewat “MSA on hand”, semua pelayanan perbankan bisa diakses. Aplikasi tersebut bukan saja mencakup pelayanan konvensional seputar simpanan dan pinjaman melainkan sudah meluas ke bagaimana berjejaring untuk pengembangan usaha.

Berkat teknologi pula BPR MSA bisa menghimpun UMKM dalam ekosistem digital. “Kami mengapresiasi tinggi program-program BPR MSA, termasuk Parade Peluang Usaha,” puji Bapak Herry Hykmanto, Direktur Bank Danamon, dalam kunjungannya beserta tim ke kantor BPR MSA di Yogyakarta, Jumat, 17 Juni 2022. Rombongan yang terdiri dari Bapak Indrayana LS (Syariah Consumer & SME Product Sales Head), Bapak Triadi Iwan (TL Syariah), Bapak Donny Danardono (Area Manager), Ibu E Etty Setyorini (BM), dan Ibu Jatu Pramagista (BRM) diterima Dirut BPR MSA Bapak Y Triagung Pujiantoro dan tim.

Menurut Pak Herry, BPR MSA memiliki visi yang sama dengan Bank Danamon, yakni membina komunitas dan UMKM. Untuk itu, beliau memutuskan untuk berkunjung menemui pimpinan dan karyawan BPR MSA. Dari pertemuan tersebut terungkap bagaimana strategisnya peran BPR MSA bagi Bank Danamon.

“Sejak 2021 kami sudah menutup Danamon Simpan Pinjam. Sekarang kami fokus pada segmen komersial dan korporasi. Sedangkan untuk segmen mikro kami memilik berkolaborasi. BPR MSA adalah mitra kolaborasi kami yang sangat tepat,” ujar Pak Herry.

Sebagai wujud kolaborasi, Bank Danamon menyanggupi tambahan dukungan pada BPR MSA dalam rupa dukungan teknis teknologi perbankan. Ini memperkuat dukungan teknologi perbankan yang sudah diberikan BPR MSA sebelumnya, yakni virtual account, QRIS, Dbillink, dan PPOB. “Kami sedang bicarakan dukungan berikutnya, seperti mesin ATM kami yang dapat dibranding sebagai ATM BPR MSA. Dengan demikian nasabah BPR MSA mendapatkan tambahan fasilitas,” imbuh Pak Herry.

Ekosistem UMKM BPR MSA akan juga dikoneksikan dengan ekosistem UMKM Bank Danamon ke marketplace internasional. Dengan kolaborasi ini, batasan regulasi dan ruang gerak MSA sebagai bank perkreditan rakyat bisa ditembus bersama Bank Danamon sebagai bank umum.

Atas kolaborasi ini, Direktur Utama BPR MSA, Pak Y Triagung menanggapi, “Bank Danamon adalah kolaborator yang pas bagi BPR MSA dalam upaya percepatan pengembangan BPR MSA dalam usahanya untuk fokus di UMKM dan digitalisasi.”(*)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.