BPR MSA Hadiri Undangan Launching Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024 dari Kemenparekraf RI

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat memandu talkshow local heroes di Launching ADWI 2024 (Foto: Kemenparekraf RI)


Program BPR MSA untuk terus mendampingi sektor pariwisata terus mendapatkan respon dari stakeholder terkait. Sabtu (9/3) bertempat di Kawasan Desa Wisata Bugisan, Klaten, Jawa Tengah, BPR MSA menghadiri undangan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dalam rangka Launching Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024. Acara yang bertajuk Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia ini resmi diluncurkan oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan disaksikan oleh beberapa tamu undangan yang merupakan stakeholder pariwisata serta mitra dan kolaborator yang memiliki visi misi sama dalam memajukan pariwisata.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 diluncurkan sebagai program unggulan yang memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para penggerak sektor pariwisata dalam upaya mempercepat pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. Event ini sudah diadakan sejak tahun 2021 , dimana saat itu langsung menarik minat ribuan desa dan kampung wisata yang berpartisipasi. Di tahun-tahun berikutnya, peserta terus berkembang hingga kini 4.812 desa dan kampung wisata telah bergabung dengan Jaringan Desa Wisata atau Jadesta (Kemenparekraf RI, 2024).

Menparekraf RI berjabat tangan dengan Direktur Utama BPR MSA di sela kegiatan Launching ADWI 2024 di Yogyakarta


Dalam launching yang berlangsung meriah dibawah guyuran hujan tepatnya di area Candi Plaosan, BPR MSA turut berada di deretan tamu undangan sebagai salah satu kolaborator penggerak pariwisata. Kami sangat bangga dengan kesempatan yang terus diberikan oleh Kemenparekraf RI, untuk terus ikut serta menggaungkan semangat bagi para desa dan kampung wisata untuk terus berkompetisi dan mengupgrade tempat mereka, agar selain bisa memenangkan anugerah, juga bisa menyuguhkan wisata yang menarik untuk para pengunjung.

Lebih lanjut disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga, bahwa ADWI tahun ini tidak hanya berfokus pada pemberian penghargaan namun juga memberikan pendampingan sehingga desa-desa wisata terpilih dapat mengoptimalkan potensi, memperkuat tata kelola destinasi, dan memastikan keberlanjutan lingkungan. Hal ini tentu selaras dengan program BPR MSA yang saat ini terus berupaya memberikan pendampingan dan peningkatan kepada sumber daya pariwisata, lewat program BPR MSA UMKM 5.0 yang salah satu aspek pendampingannya adalah di bidang akomodasi dan UMKM pariwisata.

Sobat desa dan kampung wisata siap untuk menjadi yang terbaik di Indonesia? Daftarkan diri anda segera sekarang juga lewat kanal resmi Jadesta Kemenparekraf dan segera persiapkan desa wisata anda!

(PW)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *