Tak Hanya Sekedar Aplikasi Joget, Tiktok Bisa Ubah Capaian Bisnis Anda Jadi Bikin Kaget!
TikTok, yang awalnya dikenal sebagai platform untuk berbagi video pendek berisi hiburan ringan, kini telah berkembang menjadi media sosial yang ampuh untuk meningkatkan penjualan bisnis secara online. Dalam Pekan Kelas UMKM BPR MSA bersama VOBI, sebuah Multi Channeling Network dan Creator Talent Agency yang masuk ke dalam jajaran top 10 Indonesia. Gregorius Bayu selaku chief dari VOBI memaparkan bagaimana TikTok dapat dimanfaatkan sebagai media jual beli yang efektif dan menguntungkan.
Dalam sesi kelas yang diselenggarakan dalam rangka HUT BPR MSA ke-19 ini, ia menjelaskan bagaimana TikTok, dengan segala fitur dan algoritmanya, mampu mengubah wajah bisnis online. Salah satu aspek yang menjadi sorotan adalah kemampuan TikTok untuk menggerakkan omzet usaha melalui fitur live streaming. Statistik menunjukkan bahwa bisnis yang aktif menggunakan TikTok untuk penjualan daring mengalami peningkatan omzet yang signifikan, jauh di atas ekspektasi banyak pelaku usaha.
Tidak hanya soal angka, namun juga tentang bagaimana menentukan segmen pasar yang tepat. Kak Bayu memberikan tips praktis dalam mengidentifikasi audiens yang potensial selama sesi live streaming. Memahami siapa yang menonton dan berinteraksi selama siaran langsung sangat penting untuk menyesuaikan konten dan strategi penjualan. Dengan pendekatan yang tepat, TikTok tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga platform yang mampu mengakselerasi pertumbuhan bisnis.
Pelatihan ini membuka wawasan para pelaku UMKM tentang potensi TikTok sebagai lebih dari sekadar aplikasi hiburan. Dengan pemahaman yang benar, TikTok dapat dioptimalkan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang menarik, interaktif, dan pada akhirnya, meningkatkan penjualan. Pekan Kelas UMKM BPR MSA bersama VOBI ini menjadi bukti nyata bahwa dunia digital, termasuk platform seperti TikTok, memiliki potensi besar yang harus dimanfaatkan oleh setiap pelaku usaha.
(PW)