Siapkah UMKM Bersaing Secara Digital di Marketplace?

Yoga Aria Seta dari Kampus UMKM Shopee Indonesia saat memberikan materi di Pekan Kelas UMKM BPR MSA.

Era digital telah membuka peluang besar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas. Salah satu cara yang efektif bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memanfaatkan platform marketplace. Namun, pertanyaan penting yang perlu dijawab adalah, siapkah UMKM bersaing secara digital di marketplace? Hal ini yang menjadi pokok permasalahan yang dibahas dalam Pekan Kelas UMKM BPR MSA berkolaborasi dengan Kampus UMKM Shopee Indonesia yang diikuti oleh kurang lebih 40 UMKM dengan berbagai latar belakang dan kapasitas bisnis.

Kampus UMKM Shopee Indonesia hadir sebagai solusi bagi para pelaku UMKM yang ingin mengoptimalkan kehadiran mereka di ranah digital. Kampus ini bukan hanya sekadar tempat belajar, melainkan sebuah ekosistem yang dirancang khusus untuk membekali UMKM dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di marketplace. Yoga Aria Seta selaku mentor dari Kampus UMKM Shopee Indonesia banyak membagikan fakta seputar marketplace di Indonesia dan bagaimana cara UMKM membekali diri untuk menghadapi persaingan jual beli di platform digital. Para UMKM juga diajak untuk memahami strategi pemasaran digital, pengelolaan toko online, hingga teknik optimasi penjualan agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen serta algoritma yang harus dipahami ketika memposting barang dagangan di toko online.

Direktur BPR MSA, Lisa Sulistyaning Kencanasari memberikan sambutan dalam Pekan Kelas UMKM BPR MSA.

Lewat pengalaman yang dibagikan, pelaku UMKM diperkenalkan dengan ilmu seperti membuat akun marketplace yang rapi menarik dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di platform Shopee yang nantinya akan diakses secara umum oleh customer. Dengan demikian, UMKM dapat meningkatkan efektivitas waktu dan memaksimalkan potensi penjualan mereka secara online. Selain itu, ditekankan pula pentingnya pemahaman akan tren pasar dan perilaku konsumen. Dengan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, UMKM dapat lebih mudah menyesuaikan produk dan strategi pemasaran mereka. Ini sangat penting untuk menciptakan daya saing yang kuat di tengah persaingan yang ketat di marketplace.

BPR MSA dan Kampus UMKM Shopee Indonesia melakukan follow-up kelas ini dengan membuat kelas lanjutan yang diorganisasi lewat aplikasi WhatsApp. Nantinya, UMKM peserta kelas yang sudah membuat akun marketplacenya dengan rapi akan mulai mendapatkan pelajaran tentang bagaimana melakukan proses jual beli hingga nantinya bisa berpeluang untuk menjadi importir lewat program yang juga digagas oleh platform Shopee.

(PW)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *